Latest News

Sembuhkan Tulang Patah Menggunakan Plastik

By gempur lagi - Rabu, 13 Maret 2013


SOUTHAMPTON,- Seorang Profesor dari Universitas Southampton di Inggris, Richard Oreffo, baru-baru ini mengumumkan cara baru menyembuhkan pasien patah tulang. Sebuah plastik dengan campuran tertentu diklaim dapat digunakan sebagai penyambung tulang yang sangat efektif.
Dari jurnal Advanced Materials Fungsional, Senin(4/3/2013), plastik ciptaan Richard didesain berongga seperti rumah lebah. Pori-pori rongga tersebut untuk menampung sel tulang dan diklaim dapat menjadi media berkembangnya sel tulang. Sehingga tulang yang patah dalam waktu tertentu akan tersambung dengan sempurna, tanpa melakukan operasi pengangkatan sebagaimana yang dialami para pengguna alat sambung dari platina.
Plastik ciptaan Richard ini telah diuji pada seekor tikus. Hasilnya cukup mengagumkan, sel tulang yang ditanam dalam pori-pori plastik penyambung itu tumbuh lebih cepat.
"Hanya empat sampai delapan minggu sel tulang tikus dapat kembali normal, kemungkinan alat ini akan efektif untuk menyambung tulang manusia. Atau setidaknya pertumbuhan sel tulang pada bagian yang patah dapat lebih cepat dan hasilnya lebih sempurna," terang Richard.
"Jika Anda mengalami kecelakaan mobil di mana Anda sudah istirahat cukup lama, idealnya, Anda ingin sel induk anda sendiri yang tumbuh di sana," tambahnya.
Sumber : cyberitabatam.com

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Sembuhkan Tulang Patah Menggunakan Plastik "

Leave a Reply

Advertisement