Latest News

Batu Keramat di Kotagede Yogya

By gempur lagi - Rabu, 26 Desember 2012


Salah satu tempat bersejarah di wilayah Yogyakarta adalah kawasan Kotagede. Kotagede merupakan kawasan bersejarah, karena dulunya merupakan pusat kerajaan Mataram Islam. Berkunjung ke Kotagede Anda akan menemukan peninggalan-peninggalan sejarah seperti Masjid, benteng masa lalu, rumah tua, pemandian dan sejumlah mitos yang mengiringi tempat-tempat bersejarah tersebut. Jadi bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Kotagede merupakan salah satu tujuan wisata yang layak anda kunjungi.


Salah satu keunikan peninggalan sejarah di kotagede ada sebongkah batu besar yang disebut dengan Watu Gilang. Sebuah batu yang penting pada masa kepemimpinan Panembahan Senopati. Watu gilang adalah sebuah batu adhesit yang berbentuk persegi berukuran 2×2 m dengan tinggi 30 cm. Watu gilang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang disertai dengan mitos karena merupakan singgasana panembahan senopati saat memerintah kerajaan Mataram. Pada bagian atas watu gilang terdapat pahatan tulisan dalam beberapa bahasa. Namun tulisan tersebut sudah susah dibaca karena sudah mulai terkikis. Watu Gilang didapat Panembahan Senopati dari hutan Lipuro yang saat ini dikenal dengan Bambanglipuro, Bantul.


Situs watu gilang itu kini disimpan di sebuah bangunan yang di kelilingi pohon beringin dan sebuah pohon mentaok. Ukuran bangunan 3 x 3 m di tengah-tengah peralatan yang dahulunya merupakan keraton.


Untuk melihat situs ini anda dari Pasar Kotagede menuju kearah selatan kurang lebih 1 km setelah melewati komplek Masjid Agung kotagede dan Makam raja-raja Mataram. Dan untuk mengunjugi situs ini tidak dipungut biaya.

Sumber : Google image, blog satugerai, gelut.com

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Batu Keramat di Kotagede Yogya"

Leave a Reply

Advertisement